Berkontribusi ! Berkompetisi ! Berprestasi !

Robotika UNY atau dikenal sebagai ROBOHOLICRAZY, merupakan tim yang berada dibawah UKM rekayasa Teknologi yang bergerak dalam bidang robot dan teknologi kendali, Robotika UNY diharapkan dapat sebagai  fasilitator mahasiswa dalam  pengetahuan robotika, serta mengikuti kompetisi di berbagai tingkat nasional maupun internasional.

 

Kompetisi yang diikuti

1. Kontes Robot Indonesia (KRI)

KRI atau yang di sebut Kontes Robot Indonesia adalah salah satu kategori lomba dalam ajang bergengsi Kontes Robot Nasional. Setiap tahun Indonesia  mengikuti kontes robot tingkat Internasional ABU Robocon,di mana Tim Robot Indonesia  berkompetisi dengan 20 tim Robot luar negeri. Lomba tersebut merupakan lomba  dengan peserta dari negara-negara anggota Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU). ABU adalah organisasi penyiaran di kawasan negara-negara Asia Pasifik yang beranggotakan lebih dari seratus stasiun televisi dan radio dari lima puluh negara. Dalam hal ini Indonesia diwakili oleh Televisi Republik Indonesia sebagai anggota.

Cabang yang dipertandingkan yakni,
1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI),
2. Kontes Robot Pemadam Api Beroda Indonesia (KRPAI) Beroda,
3. Kontes Robot Pemadam Api Beroda Indonesia (KRPAI) Berkaki,
4. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), serta
5. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI)

Ketentuan pertandingan KRI mengacu kepada aturan baku dari ABU Robocon 2, di mana setiap tim terdiri dari 4(tiga) orang mahasiswa dan 1(satu) orang dosen pembimbing, yang akan merancang, membuat, mengoperasikan dan mengatur strategi robot manual dan robot otomatis yang akan digunakan.

2. Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI)

Kontes Robot Terbang Indonesia 2016 merupakan salah satu ajang kompetisi yang menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan ide-ide baru dalam menciptakan pesawat tanpa awak. Mahasiswa ditantang untuk dapat ikut berpartisipasi dalam pengembangan pesawat tanpa awak dengan cara mendesain, merakit, serta dengan memperhitungkan biaya produksi pesawat tanpa awak dengan kemampuan yang telah didapat di bangku perkuliahan.

Cabang yang dipertandingkan yakni,
1. Divisi Racing Plane (RP)
2. Divisi Fixed Wing (FW)
3. Divisi Vertical Take Off and Landing (VTOL)
4. Divisi Technology Development (TD)

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

3. KOMURINDO

Komurindo adalah kompetisi tahunan rancang bangun muatan roket dan roket EDF tingkat perguruan tinggi yang diselenggarakan sejak 2009. Dalam ajang ini, para mahasiswa ditantang untuk membangun suatu sistem monitoring dan pengukuran yang stabil, akurat, dan presisi di bidang peroketan. Selain itu, mahasiswa juga belajar membangun roket EDF. Kegiatan ini akan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam rancang bangun serta pengujian roket dan muatannya. Kompetisi ini sekaligus meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam teknologi penginderaan jauh dan sistem otomasi robotika pada muatan roket.

Cabang yang dipertandingkan yakni,
1. Muatan Roket
2. Roket Electric-Ducted-Fan (EDF)
3.  Muatan Balon Atmosfer

Tim yang Bertanding

1. Maestro Evo

2. Gareng Punk

3. Mobo Evo

4. Al-Adiyaat

5. RoseMary

6. Dreamagination