LKTA

Menyusul kemenangan tim Fixie UKM Rekayasa Teknologi dalam technocorner UGM 2013, tim UKM Rekayasa Teknologi divisi IT yang beranggotakan Tika Novita Sari, Amalia Ima Nur Jayanti, dan Akhi Ha Runi Nur Rahayu berhasil meraih Juara Harapan III dalam Lomba Karya Tulis Al-Qur’an FISI FSI Universitas Jambi dengan jumlah skor nilai 147,33 untuk naskah dan presentasi. Rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Universitas Jambi ini dilaksanakan di Gedung Balairung Rektorat Universitas Jambi pada tanggal 25-28 Maret 2013. Lomba Karya Tulis Al-Qur’an merupakan salah satu cabang lomba dari Festival Seni Islami di mana pesertanya adalah mahasiswa seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Kegiatan LKTA yang mengusung tema “Peningkatan kualitas hidup dengan berpedoman pada Al-Qur’an ini merupakan event tahunan yang berskala nasional dan tahun 2013 merupakan tahun kedua untuk event Festival Seni Islami.

Sebelum diundang presentasi, diadakan seleksi proposal terlebih dahulu. Dari 62 proposal yang diajukan dari berbagai tim universitas se-Indonesia, dipilihlah 10 tim yang berhak mempresentasikan karyanya di Universitas Jambi diantaranya Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Bengkulu, Universitas Jambi, Universitas Trunojoyo Madura, dan Universitas Negeri Yogyakarta salah satunya tim UKMRT yang mengangkat judul “Aplikasi Q-Reminder sebagai Media Menghafal Al-Qur’an Menggunakan Platform Android”.

Ketua tim, Tika Novita Sari, menuturkan berbagai hal yang mendasari tim mengangkat judul tersebut. Yang pertama, tadabbur ayat Al-Qur’an surah Al-Qamar :17 yang artinya “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” dan QS Al Hijr : 9 yang artinya “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur’an dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya”. Kedua, fenomena kesibukan manusia yang condong ke arah duniawi sehingga tidak ada waktu luang sedikitpun untuk menghafal Al-Qur’an padahal dalam al-Hadist dijelaskan “Orang yang tidak mempunyai hafalan Al Quran sedikitpun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh.”( Hadits ini diriwayatkan oleh Tirmidzi dari Ibnu Abbas, ia berkata: hadits ini hasan sahih). Dan yang terakhir, pertumbuhan pengguna Android yang mengalami kenaikan hingga 15 kali lipat dalam enam bulan (republika.co.id).

“Aplikasi Q-Reminder ini berjalan di atas smartphone android, minimal versi 2.1 éclair. Selain mudah digunakan, aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan umat Islam dan bisa di-convert untuk platform BB dan Symbian. Jadi, banyak yang bisa merasakan kebermanfaatannya.” Akhi menambahkan.

Rangkaian acara Lomba Karya Tulis FISI FSI Universitas Jambi ditutup dengan talkshow bersama Oki Setiana Dewi dan pengumuman pemenang beberapa cabang lomba termasuk Lomba Karya Tulis Al-Qur’an dan Tim UKM Rekayasa Teknologi berhasil meraih Juara Harapan III. Juara pertama, ketiga, dan harapan II diraih oleh tim dari Universitas Brawijaya., juara dua diraih oleh tim dari Universitas Bengkulu dan juara Harapan I diraih oleh tim UNY yang lain.

“Lomba ini berbeda dari lomba karya tulis biasanya. Kami belajar banyak dari sini terutama kekuatan karya. Kalau karya dengan judul Perlunya Penulisan Lafadz Insya Allah dalam Proposal saja bisa juara 2, seharusnya Aplikasi Q-Reminder yang berbasis Android bisa lebih. Kajian Al-Qur’an kami kurang.” tutur Ima. Dia juga menambahkan, “Kami sudah memberikan yang terbaik yang kami bisa. Semoga bisa menjadi loncatan pertama UKM Rekayasa Teknologi dan mahasiswa Fakultas Teknik dalam berkarya terutama untuk karya ilmiah Al-Qur’an bidang teknologi. Tidak lupa terima kasih kepada Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas Teknik UNY, Pembina dan Ketua UKM Rekayasa Teknologi dan pihak yang telah mendukung kami sehingga kami dapat melaksanakan kegiatan dengan baik dan lancar.”

Ketiga mahasiswi tersebut sudah berusaha memberikan yang terbaik. Lalu, giliran kita, kapan? Mari berkarya, salam Teknologi! Berkontribusi, Berprestasi, Berkompetisi! (Rahma)