Berkontribusi ! Berkompetisi ! Berprestasi !

Menjelang keberangkatan, Garuda UNY Team (GUT) pamitan dengan rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. (Selasa (09/05). Agenda rutin ini, selalu dilaksanakan sebelum keberangkatan, karena tujuan awal dan akhir, tim mobil Garuda UNY, bukan untuk kompetisi biasa, melainkan untuk membawa nama baik Universitas Negeri Yogyakarta. Maka, restu pimpinan, dan seluruh bagian UNY tentu sangat dibutuhkan.

Pada pertemuan yang hangat ini, kepada Garuda UNY Team (GUT) yang akan berkompetisi di 2017 International Student Car Competition (ISCC), Korea Selatan, Bapak Rektor berpesan agar GUT tidak mengutamakan target tapi mengutamakan usaha dan doa yang maksimal. “Yang penting optimal usaha dan upaya, serta doa, hasil terbaik akan mengikutinya.”Tutur beliau.

Ini bukan kali pertama GUT mengikuti ISCC, terhitung dari tahun 2013, meraih kategori The Best Creative Technology, lalu capaian yang terus meningkat hingga menjadi Juara Umum 2015 ISCC, sungguh merupakan proses panjang yang penuh perjuangan. 18 Mei yang akan datang, tim mobil Garuda UNY akan kembali berlaga dan bertempur untuk mengoptimalkan seluruh usaha yang bisa dilakukan.

“Terdapat tiga kategori pada kompetisi yang diselenggarakan oleh Korea Transportation Safety Authority ini yaitu Hybrid, Electrical Vehicle, dan Autonomous Vehicle. Tim mobil Garuda UNY akan mengikuti kategori hybrid karena kegiatan riset dan inovasi masih jarang ditemui di Indonesia. Harapannya, inovasi konsisten kami ini bisa menjadi kontribusi yang bermanfaat untuk kemajuan Indonesia, khususnya di bidang teknologi, dan bisa menjadi inspirasi agar lebih banyak yang melakukan riset dan inovasi.” Jelas Suratijo selaku ketua delegasi GUT pada ISCC tahun ini.

ISCC ini diselenggarakan oleh pihak yang mengetahui betul tentang kendaraan/ transportasi sehingga kita disana juga dapat belajar mengenai pengujian kendaraan, dan inovasi-inovasinya.” Tambahnya.

Suratijo juga menjelaskan bahwa, Mobil Hybrid GUT ini yang dilengkapi dengan 2 roda belakang digerakkan Engine dan 2 roda depan digerakkan motor listrik ini, kini memiliki tingkat power dan daya dari motor listrik yang sudah ditingkatkan hingga 3 kali lipat. Selain itu, programmable ECU yang digunakan, memudahkan pengendara untuk melakukan setting sesuai kebutuhan.

Dengan semangat perjuangan yang terus didukung penuh oleh Universitas Negeri Yogyakarta, ditambah dengan Kementerian dan para sponsor inilah menjadi modal awal GUT untuk  mempertahankan performa maksimalnya supaya meraih hasil sesuai harapan dan doa. (Een)

Berita , Karya , Kegiatan , mobil , prestasi

Tinggalkan Balasan